Kamis, 03 Maret 2011

Perenungan Tahap 1 di Liburan Semester 1

Assalamu'alaikum, saudara/iku!
Weheee.....!
Kali ini apa yah?
Hari ini lagi pengen banyak cerita neh. Aneh yak sekalinya mw ngepos, sekalinya mw nulis, langsung banyak ajah! GALAU!!! Ahahahaha.....itu kata ngetren jaman ini yak? (- _ -")

Untuk kesempatan kali ini, gw mw cerita neh masa liburan semester satu gw. Kagak banyak cerita sih sebenernya karena gw sendiri hanya menghabiskan waktu libur di kampung halaman orangtua gw. Gw si emang tinggal di sana cukup lama, tepatnya sejak aku mulai di bangku Raudatul Athfal. Eheheheheee.....

Eh, lanjut dah! Jangan ceritain masa lalu! Masa libur semester 1 ajah. Singkat cerita gw liburan di tempat pakde/bude gw. Hahahahaaa...ni kali pertama gw liburan setelah lebaran pulang. Wahahahaaaa....jadi dalam kurun waktu 4 bulan kuliah, gw udah ke ke tempat pakde/bude 2 kali. Ini liburan gw yang menurut gw, terasa sangat gw butuhkan. Awal perkuliahan gw buruk! Perlukah gw cerita?

Intinya gw korban fitnah, GW JADI KAMBING HITAMNYA. Itu saja! Dalam masalah itu sih yang jelas emang bukan gw yang salah, hanya saja gw dianggap mengetahui dan mencoba menutupi. Dikira si X, temen gw yang memeras dan merusak hubungan rumah tangganya. Weh, berat-berat! Berawal dari suatu sms yang mengirimkan nomor hape gw ke X. Waktu itu sih pakde gw emang ngirimin no hape gw ke seseorang tuk dikasih ke X. Mungkin sih dari situ awal ceritanya. Yang jelas gw kagak tw apa-apa. Kata temen gw yang anak hukum, gw berhak nuntut pencemaran nama baik dan mengganggu ketentraman orang. Tapi, gw cinta damai! Piss pull! Ahahaha....

Huft! Tu pertama kalinya gw bertahan untuk sebuah kejujuran. Kejujuran bahwa gw jujur bukan bohong! Gw merasa benar! Gw tak takut! Kalo gw ingat, gw kagum juga pada diri gw ini. Bahkan, gw pengen jadi diri gw kala itu, sekarang ini. Pemberani yang benar-benar berani. Diancam polisi, diancam laporan ke dekan, diancam ini itu, gw tak gentar! Perlu diingat yang buat gw begitu berani nih:

KARENA AKU HANYA TAKUT KEPADA ALLAH!
KARENA AKU BENAR!
KARENA AKU JUJUR!
KARENA AKU MENJAGA KEHORMATANKU ATAS KEJUJURANKU!
KARENA MAMAKU TELAH DIBUATNYA MENANGIS!
SETETES AIR MATA MAMA, MAMPU MEMBASAHI JIWAKU SEHINGGA AKU HARUS BERUSAHA SEKUAT TENAGA UNTUK TIDAK KEDINGINAN DENGAN MEMBAKAR SEMANGATKU.
KARENA KELUARGAKU DAN SAHABATKU, MENYEMANGATIKU, SIAP MEMBANTUKU, DAN YANG TERPENTING SELALU MENDOAKANKU!

Bagaimana endingnya sehingga masalah ini selesai?

Gw kokoh pada pendirian gw bahwa gw tak tw apa yang telah terjadi.
Pemeras dan perusak rumah tangga itu bukan teman gw.
Gw tak pernah mengenal no hape itu.

Saat deadline jam 12 siang hari Sabtu terakhir gw menjalani OBM, gw ditemani anak FK UI. Gw bercerita semua karena mendekati jam 12 pikiran gw tak menentu. Atas semua nasehat Ai, gw tenang. Justru dialah yang meyakinkan bahwa gw tidak bersalah. Dia yang meyakinkan jika gw tidak akan dilaporkan ke dekan dan gw tak akan dikeluarkan karena gw bukan pelaku pemerasan itu. Dia yang siap membantu untuk mendukung gw. Gw pasrahkan semuanya saat jam 12 tiba. Akhirnya, gw tak dihubungi dan tak dilaporkan. Sampai akhirnya gw bertemu dengan si X sekeluarga setahun lalu. Dia malu sendiri tuh!

Gw sudah ikhlaskan semua sejak jam 12 kala itu. Gw dah maafkan dia sekeluarga karena gw tw mereka juga ingin melakukan yang terbaik untuk menjaga keluarganya. Dia korban, sama seperti gw.

Pikiran gw saat itu, "Biarkanlah waktu yang berbicara kebenarannya, gw yakin Tuhan gw nolongin gw di saat gw pasrahin segala urusan setelah gw berusaha untuk jujur." Akhirnya, kini terjawablah sudah pelakunya siapa! Pelakunya yaa orang terdekatnya sendiri. Wajar....orang bisa tw hal paling pribadi di keluarga si X. Gw aja ru tw pas gw dikasi tw si X saat ngamcem-ngancem gw. Setahun lalu, buktinya si X ngajakin gw liburan dan berkata, "Lupakan kesalahan yang telah lalu." Pas kejadian dulu cuma bisa ngancem gw ini itu, padahal dia mengakui kalo bukan gw pelakunya. Pakde gw tw lah maksudnya apa! Pakde juga bilang sikap mereka sedikit sungkan, gak seperti pas sebelum kejadian. Mungkin mereka merasa malu! Mereka juga minta maaf sama pakde/bude. SELESAI

Pembelajaran yang gw dapat dari kejadian ini:
  • Gw harus takut pada Allah melebihi siapapun dan apapun. Saat gw takut kepadaNya, gw tw Allah ngelihat semua yang gw lakuin dan itu mendorong gw untuk berkata apa adanya. Kebetulan pada kondisi ini gw emang gak salah, jadi gw berjuang untuk kebenaran. Kalo gw mpe di posisi salah, mugkin beda cerita. Dengan rasa takut gw kepada Allah, gw yakin dengan sangat gw bakal mengakui kesalahan gw. Gw takut Allah murka dengan membuka aib gw suatu saat jika gw gak jujur.
  • Dalam kehidupan sehari-hari kita memang dituntut untuk selalu jujur. Difitnah seperti apapun, jika kita jujur dan benar, suatu saat juga bakal terungkap. Allah yang akan membukakan pintu buat kita selama kita benar.
  • Gw harus bertingkah laku yang baik dengan sesama. Melakukan hal-hal yang baik dan menghindarkan diri dari hal-hal buruk. Sehingga saat waktu berbicara, yang terkuak adalah hal-hal yang baik dari diri kita. Bukankah ini sangat terdengar indah?
  • Kalo dari pihak pelaku, kita jangan sampai iseng-iseng sms dengan membawa nama orang ke seseorang karena hal itu bisa merusak tali persaudaraan yang telah ada di antara mereka. Kita kan gak pernah tw apakah orang yang kita isengin merasa terganggu atau tidak, walaupun yang kita ganggu adalah saudara sendiri. ((")_ -) ----> tepok jidat!
  • Kalo dari pihak si X, gw rasa semuanya bisa ditanyain dan dirundingin baik-baik tanpa harus mengancam dan merusak psikologis seorang anak (gw yang kala itu sakit parah selama 6 bulan). Toh, ternyata pelakunya adalah orang terdekat dia sendiri.
  • Kalo dari pihak keluarga gw, gw rasa keluarga gw udah baik. Pakde mencoba untuk meluruskan apa yang ada. Bukan untuk membantu gw, tapi menunjukkan mana yang benar. Kalo ngebantu gw mah, gw kagak bakal ngurusin si X sendirian. Mama juga udah baik. Mama cukup tw masalah gw dan mungkin beliau hanya mampu untuk berdoa. Gw seneng karena beliau tidak turut campur untuk membela gw. Alhamdulillah, sejak jaman gw masih balita gw gak pernah dibela mama saat gw punya masalah dengan temen-temen gw. Gw udah diberi kebebasan sejak kecil untuk berpikir bahwa kalo gw benar, buktikan gw benar. Kalo gw salah, jangan pernah lari dari tanggug jawab. Inget kata-kata mama, " Kamu kalo gak mw berantem sama temen, jangan pernah maen!" Intinya gw disuruh bertanggung jawab atas hubungan sosialku sendiri bukan merengek pada orangtua jika ada masalah. Gw harus bisa menyelesaikan masalah gw sendiri. (- _ -") ni gw ru sadar pas liburan semester 1 lho! Padahal kata-kata itu muncul saat aku belom ada 5 tahun. Tapi mama sering menceritakan masa kecilku berkali-kali bilang itu kata mpe bosen. Hahahhahahaa.....MAMA IS THE BEST!

Tu perenungan yang gw dapat pas masa liburan yang hanya di rumah pakde/bude saja. Gw berdiam diri di hum and mendekatkan diri dengan keluarga besar gw. Itu saja cukup! Cukup berarti buat gw. Mungkin gw terlalu vulgar. Tapi di sini, gw cuma mw share ajah . . . .


Gw pun bisa tertawa bersama Lia sepupu gw yang menggantikan keberadaan gw di hum pakde/bude ^-^


WAKTU AKAN MENGUNGKAP PERBUATAN YANG TELAH KITA LAKUKAN
KITA KAN DIMINTAI PERTANGGUNGJAWABANNYA
SIAPKAH ANDA???
"AMAR MA'RUF NAHI MUNKAR"
ALLAH MENGETAHUI APA-APA YANG KITA PERBUAT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar