Sabtu, 26 Maret 2011

Kuasailah Rasa Takutmu!

Wew....kita gak bisa boong lah kalau t'kadang kita dirundung ketakutan yang luar biasa mengusai diri kita sampai parno sendiri. Kayak gw akhir2 ini! (-_-'') Bahhahahahhaa....tapi setidaknya gw mw berbagi nih buat ngatasin masalah ketakutan itu sendiri. Simak!

Terima Perubahan
Akui sajalah kalo kehidupan kita itu emang kadang berada di atas kadang juga kita harus terima kalo kita ada di bawah. Itu namanya roda kehidupan, girls! Hehehhe.....! Nah, yang banyak gak kita terima itu ya pastinya saat kita berada di bawah. Semua keadaan itu seakan membuat dunia kita berakhir! (versi lebay.com) Kita bakalan ngalamin yang namanya drop. Haihai...plis girls! Apa dunia lw bakal berubah kalo lw cuma bisa nolak keadaan lw? Kita itu gak bisa menghentikan perubahan. The world is always changing, baik ataupun buruk. Karenanya kita harus berusaha buat beradaptasi dengan perubahan. Coba deh!

1. Think positive
Kita mungkin gak menyadari bahwa ini adalah poin penting yang terkesan klise. Melihat situasi negatif dengan kacamata positif merupakan langkah yang tepat. Daripada kita sibuk mikirin kondisi kita yang sedang buruk dan meratapinya, mendingan kita terima saja kondisi itu. Anggap aja kalo itu adalah jalan baru yang harus kita ambil untuk mencapai tujuan yang kita pengen. Lalu, kita pikirin deh bagaimana mencari jalan selajutnya. Ibarat orang kesasar, kita gak mungkin donk hanya berdiam diri meratapi segala yang ada? Bosen idup itu namanya. Pake akal dan logika kita untuk keluar dari masalah kita itu. Hal yang buruk tak selamanya buruk bagi kita loh! Terkadang hanya anggapan kita saja, padahal yang menurut kita baik itu justru yang dapat membahayakan kita. Jiah....coba ingat2 kita pernah salah memilih atau tidak! OoO ^0^ Oo

2. Jadi pelajaran
Udah diinget-inget belom? Kita juga pernah donk ngelakuin kesalahan? Inget2 juga kalo kita juga pernah mengalami perubahan dan kita juga mampu mengubah diri kita. Yeah, walaupun terkadang ada yang gagal juga. Yang penting kan kita pernah melalui semua itu. Jadi, kenapa harus takut kalo kita bakal ngalamin yang namanya perubahan lagi di masa yang akan datang? Ingatlah --> pengalaman adalah guru yag terbaik.

3. Semangati diri
Untuk bisa bangkit dari keterpurukan, kita pastinya butuh donk yang namanya support? Yah, kita jangan selalu mengharapkan support dari orang lain. Kita harus lebih care dengan diri kita sendiri, kalo gak ya siapa lagi? Kalo kita sakit, yang merasakan sakitnya kan badan kita ndiri. Orang lain hanya tw kalo kondisi kita gak fit dan gak bisa ngerasain sakitnya kita. Mw kita ngerang2 ya orang lain cuma bisa menolong kita untuk membawa ke dokter. Selanjutnya? Kita harus memiliki kesadaran diri untuk menjaga diri kita berdasarkan saran dokter. Orang lain fungsinya itu hanya sebagai pengingat dan penjaga. Tapi, tidakkah pernah kau berpikir bahwa yang paling bisa menjaga apa yang kita perbuat adalah diri kita sendiri? Orang lain hanya bisa melarang jika tak baik buat kita, tapi kita masih bisa melanggar kan? Nah, coba pikirin deh! Kita memang butuh support dari orang lain, tapi kita hrus tetap ingat bahwa kita juga butuh support dari diri kita sendiri. Semangatilah diri sendiri, girls!

4. Tetap fokus
Nah, gilrs....ini dia ni hal yang harus tetap kita jaga kala terpuruk. Fokuslah! Jangan melulu meratapi nasib bak kita adalah orang yang paling merana di dunia ini. Tengoklah ke sana, masih banyak orang yang lebih berada di bawah kita! Kita jangan selalu melihat apa yang ada di atas kita donk! Mungkin saja itu adalah teguran kala kita lupa tidak bersyukur dengan kondisi kita yang berkecukupan atau mungkin kita malah gak sadar kalo kita sudah berlebihan dalam segala sesuatu. Lebih baik kita fokus dengan apa yang menjadi prioritas kita meski kondisi tidak mendukung. Ingatlah tujuan kita, dan janganlah bilang 'gak mungkin'! Asal tw aja dah kalo Tuhan itu gak bakal ngubah nasib kita kalo kita sendiri gak mw berusaha buat ngubah! Tuhan gak suka orang yang berputus asa dan berpangku tangan doank! Perbaiki kesalahan yang telah lalu, do u'r best right now!

5. Teliti perubahan
Hummm...mengapa harus kita lakukan? Sebagai cewek yang hanya bisa ngerebus air di water heater (eheh! jangan sampe dweh!), kalo kita kagak teliti dalam mencermati itu air udah mendidih atau belum, atau mungkin kita terlewat sampai tu air di water heater kosong kan bahaya. Finally meleduk kan kalo mpe terlewat? Ehehehhee.....ni pengalaman temen sih! So, janganlah kita ceroboh terhadap segala sesuatu, apalagi itu masalah kehidupan kita yang hanya sekali. Jika kita mencermati setiap perubahan yang ada, kita kan gak perlu sampai yang mengalami kegagalan. Kita bisa kok mengantisipasinya walau itu gak 100% yang penting kan kita udah usaha! Hasilnya ya serahkan pada Tuhan saja! Tugas kita hanya berikhiar dan berdoa, hasilnya ya pasrah aja! Tinggal nanti kita pikirin lagi dah rencana lain dan perlu diingat kalo perlu kita catat tuh apa2 yang menyebabkan kita gagal. Biar kagak keulang aja nantinya. Ehehhe....

6. The back up plan
Ini dia yang perlu kita pikirin kalo kita mengalami yang namanya kegagalan pada rencana awal. Jadi kita siap kalo kita harus mengulang dari nol lagi atau mengambil jalan lain yang sama2 menuju Roma. Ehehhe.....dengan kita mencatat hal2 yang menyebabkan kita gagal, kita bisa buat plan lain dengan tidak mengambil langkah yang sama atau mungkin melengkapinya. Kan dari catatan itu kita bisa tw dampak positif dan negatifnya. Catatalah segala yang terjadi berkaitan dengan perubahan2 yang kita alami. Jadikan itu pedoman untuk berlangsungnya hidup kita ke depan (planning of life).

7. Pede aja
Buat yang merasa drop karena udah gagal, seringnya dihinggapi rasa minder yang termata sangat. Apalagi kalo kegagalan itu diketahui oleh banyak orang! Kagak punya muka dah kita! Hohohohohooooo, jangan laaaa! Lw tetep harus pede! Jamin deh, kalo kita pede mereka malah bakal appreciate sama kita. Asal kita jangan kepedean yang menjurus pada kesombongan aja si! Bisa2 kita malah dihina-dina! Kita harus pede dengan sikap yang low profile. Sadari sajalah kalo kita dah gagal! Tapi, tunjukkan semangatmu bahwa lw kagak bakalan nyerah sama hidup! Lw bisa membuat hidup lw dan mungkin hidup orang2 di sekitar lw bisa lebih hidup lagi. SEMANGKAAAAAAA!! \\^0^//

What if . . . .
Pertanyaan ini emang suka jadi benalu dalam hati kita, gw juga kagak pungkirin itu. Tapi kita juga kagak boleh nyepeleinnya. Jadikan aja pertanyaan2 kemungkinan itu sebagai daftar hal2 yang harus kita atasi jika bakal terjadi di kemudian hari. Jangan terlalu banyak mikirin gimana jika ini itu mulu! Jalani hidup ini dengan memikirkan jalan keluar bagi risiko yang mungkin bakal kita hadepin. Toh, itu kan hanya jika...belom tentu juga kejadian. Jangan takut lah buat melangkah karena kita hanya memikirkan bagaimana kalo ini itu! Kelamaan mikirnya mah kita kagak bakal ngapa2! Hidup kita tuh malah mandeg! Jiah....jalani saja hidup lw! Dunia belom berakhir! Lw jangan hanya berdiam diri selama bumi ini masih berputar, waktu masih terus bergulir, dan jantung masih berdetak. Jangan sia-siain hiduip lw hanya karna rasa takut menguasai diri lw! 

KUASAILAH RASA TAKUTMU!
KETAKUTAN TERBESAR SEORANG HAMBA ADALAH HANYA KEPADA TUHAN-MU
TIADA YANG LEBIH MENAKUTKAN MELEBIHI MURKA TUHAN-MU


\\^0^//
salam merdeka!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar